Apa Fungsi Bulu-bulu di Tubuh Kita?

Ilustrasi/kompas.com
Bisa dibilang, hampir seluruh bagian tubuh kita ditumbuhi rambut atau bulu-bulu halus. Di bagian tangan dan betis, misalnya, bulu-bulu itu kadang cukup lebat hingga jelas terlihat, meski pada beberapa orang kadang sangat halus hingga tidak terlalu tampak. Keberadaan bulu-bulu itu bukan tanpa alasan, karena fungsinya untuk melindungi tubuh kita, yaitu untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of Southern Cleveland, Australia, menyatakan bahwa rambut pada tubuh mengurangi dampak radiasi matahari pada kulit manusia, yang berarti dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Selama sepuluh tahun, para ahli telah menganalisis data pada lebih dari 20 ribu orang yang tinggal di berbagai belahan dunia. Menggunakan peralatan khusus, mereka memeriksa tingkat radiasi yang melewati kulit. Hasilnya ditemukan bahwa rambut atau bulu-bulu pada tubuh membuat tingkat penyerapan radiasi menjadi jauh lebih rendah. Dengan adanya bulu-bulu pada tubuh, sekitar 30-40 persen dari total radiasi bisa dicegah melakukan kontak langsung dengan kulit.

Karena kenyataan itu pula, orang-orang yang tinggal di negara-negara cerah dan panas sering kali memiliki rambut tebal dan bulu-bulu tubuh lebih banyak dibanding orang-orang yang tinggal di negara-negara dingin. Mengingat fungsi bulu-bulu pada tubuh, orang yang melakukan waxing atau mencukur bulu-bulu di tubuhnya pun harus selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi diri mereka.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2774156360948108095

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item