Negara-negara yang Paling Jarang Dikunjungi Wisatawan

Ilustrasi/solotrust.com
Banyak negara yang terkenal sebagai destinasi wisata, tempat para turis dari berbagai belahan dunia berdatangan ke sana. Negara-negara yang terkenal sering dikunjungi wisatawan di antaranya Prancis, Italia, Jerman, Belanda, dan lain-lain. Itu contoh segelintir negara yang sangat terkenal karena seringnya kita mendengar nama-nama negara itu disebut-sebut karena berbagai alasan, salah satunya karena faktor pariwisatanya.

Tetapi, rupanya, ada pula negara-negara yang bisa dibilang sangat jarang dikunjungi para wisatawan, atau tak pernah disebut-sebut sebagai destinasi wisata. Tidak jelas apakah negara-negara itu memang tidak menarik dikunjungi, tidak memiliki tempat-tempat yang indah, atau memang negara-negara tersebut tidak terlalu mempedulikan sektor pariwisatanya. Di antara negara-negara semacam itu, berikut ini sepuluh negara di dunia yang dianggap paling jarang dikunjungi wisatawan.

Nauru


Jangankan tertarik datang ke sana, bahkan mendengar namanya pun mungkin kita sangat jarang. Nauru adalah negara berbentuk pulau kecil, yang terletak di sebelah timur Indonesia. Negara kecil itu dihuni orang Mikronesia dan Polinesia.

Pada akhir abad ke-19, Jerman mengklaim Nauru sebagai wilayah milik mereka. Sebelumnya, pada Perang Dunia I, Nauru berada di bawah jajahan Selandia Baru. Pada Perang Dunia II, Nauru berada di bawah pendudukan Jepang. Sampai kemudian pada 1968, Nauru berhasil merdeka. Berdasarkan catatan tahun 2011, jumlah wisatawan yang mengunjungi Nauru hanya 200 orang.

Somalia

Sebenarnya, nama Somalia cukup terkenal, bahkan disebut sebagai “Tanduk Afrika”, karena terletak di bagian ujung Afrika. Namun para wisatawan tidak terlalu tertarik mengunjunginya. Berdasarkan catatan, negara yang berbatasan langsung dengan Ethiopia itu hanya memiliki 500 pengunjung pada tahun 2012.

Tuvalu

Ada yang pernah mendengar nama Tuvalu? Tuvalu adalah negara pulau yang terletak di Samudera Pasifik, tepatnya di tengah antara Hawaii dan Australia. Pada tahun 2011, Tuvalu hanya mendapatkan kunjungan dari 1.200 wisatawan asing.

Kiribati


Nama resminya Republik Kiribati, dengan populasi penduduk berjumlah 101.093 jiwa. Negara ini merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik, dan memiliki bentuk yang unik jika dilihat di peta. Namun Kiribati tampaknya belum mampu menarik perhatian para wisatawan dunia. Pada tahun 2011, hanya sekitar 4.700 wisatawan yang datang sana.

Kepulauan Marshall

Negara Kepulauan Marshall atau Marchall Island merupakan negara pulau yang terletak di sebelah utara samudera Pasifik. Seperti namanya, negara ini memiliki bentuk pulau yang tak lazim, yaitu memanjang dan melingkar. Sayangnya, keunikan negara itu hanya mampu mendatangkan 5.000 wisatawan pada tahun 2011.

Guinea Khatulistiwa

Namanya mungkin terdengar asing bagi telinga kita. Guinea Khatulistiwa atau Equatorial Guinea adalah salah satu negara republik di Afrika Tengah. Dengan wilayah seluas 28.000 kilometer persegi, negara ini menarik sekitar 6.000 wisatawan pada tahun 2012.

Turkmenistan

Turkmenistan, atau disebut pula Turkmenia, adalah salah satu negara di Timur Tengah. Negara ini berbatasan dengan Afghanistan dan Iran, serta memiliki populasi sebesar 5,1 juta penduduk. Tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Dalam catatan tahun 2007, tercatat sekitar 7.000 wisatawan asing yang mengunjungi negara ini.

Sao Tome dan Priocipe

Secara resmi, negara itu bernama Republik Demokratik Sao Tome dan Priocipe. Termasuk negara kecil di Afrika, Sao Tome dan Priocipe merupakan negara kepulauan yang terletak di dekat garis khatulistiwa. Yang unik, negara ini terdiri dari dua pulau yang memiliki gunung berapi. Keunikan yang terkesan eksotik itu sayangnya tidak terlalu banyak menarik minat wisatawan. Dalam catatan tahun 2010, negara itu hanya dikunjungi 8.000 wisatawan asing.

Komoro

Merupakan negara kepulauan di Samudera Hindia, Komoro memiliki nama resmi Republik Islam Federal Komoro. Negara Arab itu terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Komoro Besar, Anjouan, dan Moheli. Dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, negara Arab terkecil kedua setelah Bahrain ini menarik 15.000 wisatawan di tahun 2010.

Afghanistan

Afghanistan adalah negara di Asia Tengah yang berbatasan dengan Iran dan Pakistan. Di antara negara-negara lain yang masuk dalam daftar ini, Afghanistan sebenarnya paling terkenal dengan konflik dan peperangan serta masalah keamanan. Namun, meski begitu, Afghanistan mampu mendatangkan 17.500 wisatawan asing masuk ke negaranya pada tahun 2012.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Geografi 5841952616724629710

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item