Mengapa Terdapat Cekungan-cekungan pada Bola Golf?

Mengapa Terdapat Cekungan-cekungan pada Bola Golf?
Ilustrasi/istimewa
Semula, bola golf dibuat dari kayu. Pada abad ke-17, bola kayu digantikan bola yang terbuat dari bulu angsa yang dibungkus kantong dari kulit sapi. Bola dipres ketika bulu angsa dan kantong pembungkus masih basah, kemudian dijahit dan dicat. Setelah kering, kantong kulit menyusut dan bulu angsa mengembang, sehingga dihasilkan bola yang keras.

Sampai kemudian bahan pembuatan bola golf diganti lagi, kali ini menggunakan getah perca (bahasa Inggris: gutta percha) yang dipanaskan. Kelenturan bola getah juga memungkinkan dipakainya stik golf dengan kepala stik dari besi.

Bola yang disebut gutty itu populer dari tahun 1848 hingga 1890-an. Memasuki tahun 1898, bahan bola golf diganti lagi, kali ini dengan karet. Inti bola berupa karet padat, dibungkus benang-benang karet, kemudian dilapisi getah perca.

Lalu mengapa terdapat cekungan-cekungan pada bola golf? Berbeda dengan bola lain yang biasa digunakan dalam berbagai olahraga, bola golf tidak halus, tapi memiliki permukaan tidak rata atau penuh cekungan. Bentuk bola semacam itu punya tujuan khusus, yaitu agar jarak yang ditempuh bisa lebih jauh.

Menurut perancang bola golf, bola yang memiliki permukaan rata hanya akan terlontar paling jauh sekitar 119 meter. Sedangkan bola serupa yang memiliki cekungan-cekungan sesuai bisa terlontar mencapai dua kali lipat jarak itu. Cekungan pada bola golf berguna untuk mengurangi daya hambat udara, sehingga bisa memberi kemampuan pada bola golf untuk meluncur lebih jauh.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Sains 5760336841107843915

Posting Komentar

  1. Itu benar. Analog dengan pelindung transparant lampu besar mobil BMW 320 misalnya. Sepanjang pinggir bagian atas pelindung lampu itu tidak rata tapi diberi tonjolan-tonjolan kecil berjarak tertentu satu dengan lainnya. Fungsinya untuk memecah tahanan udara sehingga mobil bisa meluncur tanpa bunyi desis dan tentu ikut membantu mobil bisa lebih kencang. Fungsi lainnya adalah untuk tujuan lebih memungkinkan terjadi backspin atau topspin atau hook atau slice bila diperlukan. Itulah kenapa permukaan kepala club pemukul dibuat bergaris-garis horisontal agar sentuha ketika impact ke bola lebih megang.-

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item