Mengapa Tepung yang Terbakar Bisa Meledak?

Ilustrasi/tribunnews.com
Umumnya, tepung putih terbuat dari pati. Pati adalah karbohidrat. Artinya, pati terbuat dari molekul-molekul gula yang terangkai menjadi satu. Gula memiliki sifat mudah terbakar ketika didekatkan dengan api. Begitu pula tepung.

Tepung dan karbohidrat-karbohidrat lainnya bisa meledak ketika terbang di udara sebagai debu. Agar campuran tepung itu menyala, diperlukan 50 gram per meter kubik. Butiran-butiran tepung sangat kecil, hingga bisa terbakar sangat cepat. Ketika butiran-butiran tepung terbakar, butiran itu akan membakar butiran-butiran di dekatnya, dan kobaran api akan menyala melalui awan debu dengan kekuatan ledakan.

Selain tepung, debu-debu karbohidrat lain seperti gula, campuran puding, dan serbuk gergaji yang halus, juga akan meledak bila dibakar. Di gudang gandum kadang terjadi ledakan, dan biasanya disebabkan hal di atas. Percikan atau sumber panas telah membakar debu-debu di udara hingga meledak.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 1391419786426479038

Posting Komentar

  1. Pabrik Tepung juga menjadi salah satu bangunan yang berisiko tinggi ketika terbakar. Karena akan meledak ketika terbakar sebagaimana paparan diatas

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item