Mengapa Teh Kadang Terasa Pahit?

Ilustrasi/yoona.id
Biasanya, teh mulai terasa pahit atau tidak sedap lagi ketika telah basi. Namun, ada kalanya pula teh yang baru diseduh terasa pahit, padahal telah diberi gula secukupnya. Mengapa teh yang kita buat kadang terasa pahit? Setidaknya ada tiga penyebab yang mungkin terjadi.

Pertama, karena kesalahan dalam penyeduhan. Jika teh diseduh dengan suhu air yang sangat tinggi, maka ada kandungan teh yang akan mengubah rasa menjadi pahit. Di dalam teh terdapat senyawa yang disebut tanin. Ketika teh diseduh dengan air yang suhunya sangat tinggi, senyawa itu akan mengubah rasa menjadi pahit. Selain itu, menyeduh teh terus menerus dalam air, misalnya pada teh celup, juga bisa mengubah rasa teh menjadi pahit.

Kedua, kualitas teh sangat buruk. Ciri daun teh yang buruk adalah bentuknya yang sudah hancur. Kadang kita mendapati ada teh kemasan yang harganya sangat murah, namun teh itu bisa dibilang nyaris hancur. Daun teh yang masih baik untuk diseduh adalah yang masih utuh. Teh dengan kualitas buruk kadang tidak hanya pahit, tapi juga tidak memiliki citarasa nikmat saat diminum.

Ketiga, daun teh tidak diambil dari tiga pucuk daun pertama. Untuk menghasilkan minuman teh yang nikmat, daun teh dipetik dari tangkainya yang paling ujung. Daun di urutan keempat dan seterusnya ke arah bawah kurang mampu memberikan rasa nikmat, dan mungkin terasa pahit kalau diseduh.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 1060403064062086902

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item