Mengapa Susu Dikemas Dalam Kotak Karton?

Ilustrasi/pngtree.com
Di berbagai swalayan dan supermarket biasa kita temui susu kemasan yang umumnya dikemas dalam kotak karton. Sampai sekarang, sepertinya tidak ada susu yang dikemas dalam kaleng. Mengapa susu selalu dikemas dalam kotak karton?

Di dalam susu terkandung berbagai mineral yang berguna bagi tubuh kita. Mineral-mineral tersebut merupakan zat logam. Jika mineral yang merupakan zat logam itu dikemas dalam kaleng yang juga terbuat dari logam, maka mineral yang terkandung dalam susu akan berubah menjadi logam, dan yang tertinggal hanya ampas atau cairan yang tidak berguna lagi untuk tubuh kita. Karena itulah susu selalu dikemas dalam kotak karton.

Sebaliknya, minuman bersoda semacam cola mengandung banyak gas, sehingga sering dikemas dalam botol atau kaleng. Karena, jika minuman bersoda dikemas dalam kotak karton bisa meledak, atau menyebabkan kotak karton pecah. Karena itulah minuman bersoda selalu dikemas di dalam botol atau kaleng.

Mengapa Susu Menjadi Asam Saat Hujan Badai?

Mikroorganisme yang disebut bakteri laktik ditemukan dalam susu. Cuaca yang dingin mempercepat pertumbuhan bakteri tersebut. Organisme itu menghasilkan asam laktik. Terlalu banyak asam laktik menyebabkan casein dan garam asam di dalam susu menjadi terpisah—yang disebut peristiwa ‘pengentalan’—dan akibatnya susu pun menjadi asam.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 55105514593382622

Posting Komentar

  1. kok jawabannya gak sesuai pertanyaan yah?
    ''mengapa susu menjadi asam saat hujan badai?''
    jawab : karena pada cuaca hangat pertumbuhan bakteri.......dst.

    bukannya saat hujan badai cuaca jadi mendingin yah,..kok ini malah hangat jadinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks atas perhatiannya. Salah ketik telah diperbaiki.

      Btw, kalau punya tambahan penjelasan yang lebih baik, silakan sampaikan di sini. Saya akan sangat menghargai.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item