Mengapa Susu Berwarna Putih?

Ilustrasi/kompas.com
Meski ada produk susu kemasan rasa cokelat yang berwarna cokelat, atau susu rasa stroberi yang berwarna kemerahan, namun warna-warna itu dibuat dari zat pewarna. Jika kita memerah susu dari sapi, misalnya, kita akan melihat warna asli susu yang putih. Mengapa susu berwarna putih?

Susu mengandung 87 persen air dan 13 persen zat padat semacam protein, lemak, dan sebagainya. Protein dalam susu disebut kasein. Kasein kaya kalsium, dan merupakan protein paling umum yang didapati pada susu.

Untuk menjawab mengapa susu berwarna putih, kita harus membuka fisika. Jika sebuah lingkaran yang memiliki berbagai komposisi warna diputar pada kecepatan tertentu, yang muncul hanyalah warna putih. Warna-warna lain semisal merah, hijau, kuning, dan lainnya tidak muncul, karena mata kita seolah ditipu oleh spektrum cahaya.

Protein kasein dalam susu memiliki fungsi yang sama. Protein itu telah membelokkan seluruh warna yang terkandung dalam susu secara merata, hingga secara kasatmata susu terlihat berwarna putih. Warna putih merupakan cahaya alami dari susu. Warna itu merupakan hasil panjang gelombang cahaya yang bisa dilihat mata manusia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 3058754894925280585

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item