Mengapa Igloo Tidak Mencair ketika Ada Api Unggun?

Ilustrasi/cntraveller.in
Igloo adalah nama atau sebutan untuk rumah es orang Eskimo. Berbeda dari rumah yang biasa kita kenal, igloo terbuat dari salju, karena daerah di sana memang penuh salju. Ketika berburu ke tempat jauh, orang Eskimo biasanya akan mendirikan igloo sebagai tempat tinggal sementara, meski di dalam igloo mereka juga bisa hidup dan beraktivitas seperti biasa.

Seperti umumnya tempat tinggal, orang Eskimo juga menyalakan api unggun di dalam igloo sebagai penghangat tubuh. Tetapi, meski di dalam rumah es itu dinyalakan api unggun, igloo tidak mencair. Suhu di dalam ruangan memang akan naik ketika api unggun dinyalakan, dan dinding esnya akan mencair. Tetapi, karena langit-langit igloo berbentuk bulat, titik-titik air yang mencair tidak akan jatuh menetes namun hanya mengalir di dindingnya.

Selain itu, saat menyalakan api unggun, orang Eskimo akan membuka pintu igloo hingga udara dingin bisa masuk. Air dari es yang mencair tadi akan membeku kembali berkat angin dingin yang masuk. Hasilnya, igloo semakin bertambah kuat. Tetapi, tentu saja, kalau api yang besar terus-menerus dinyalakan, maka igloo juga bisa mencair seluruhnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2168411407856655627

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item