Kota-Kota dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

Kota-Kota dengan Pendidikan Terbaik di Dunia
Ilustrasi/istimewa
Bagi Indonesia, Yogya dianggap sebagai kota pelajar. Ada beberapa alasan yang menjadikan Yogya seperti magnet bagi para pelajar dari seluruh negeri. Pertama, Yogya memiliki berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Kedua, Yogya tergolong kota besar. Ketiga, Yogya menawarkan keragaman budaya dan nilai-nilai tradisional. Keempat, yang paling penting, biaya hidup di sana relatif rendah. Karena kualitas-kualitas itulah, Yogya menjadi kota pendidikan di Indonesia.

Jika Yogya terkenal sebagai kota pendidikan di Indonesia, kota mana saja yang terkenal sebagai kota pendidikan dunia? QS World University Rankings melakukan survei untuk menentukan kota-kota mana saja yang dianggap sebagai kota pendidikan terbaik di dunia.

Mereka melakukan penilaian berdasarkan sejumlah ukuran yang diambil dari informasi publik, juga survei dan data yang masuk dalam QS World University Rankings. Ukuran-ukuran yang digunakan antara lain kualitas institusi pendidikan, aktivitas pengajar, populasi, kualitas hidup, daya jangkau masyarakat, dan percampuran mahasiswa.

Berikut ini daftar sepuluh besar mereka, yang dianggap sebagai kota-kota dengan pendidikan terbaik di dunia.

Paris, Prancis

Dibanding Boston atau London, Paris sebenarnya tidak memiliki universitas-universitas yang masuk dalam daftar 30 besar terbaik, yang umumnya menjadi rujukan sekolah dunia. Meski begitu, Paris memiliki 16 universitas yang masuk dalam daftar 500 terbaik dunia. Kemudian, kenyamanan hidup serta aktivitas akademik di Paris juga tergolong tinggi, dan keterjangkauan pendidikannya lebih baik dibanding Boston atau London.

Daya tarik utama Paris tentu saja posisinya sebagai salah satu tempat paling bersejarah di dunia—sebuah kota budaya dan indah. Paris juga merupakan kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Universitas-universitas di Paris, seperti ENS Paris, Ecole Polytechnique, Sciences Po and the Sorbonne, juga telah menghasilkan banyak filsuf, ilmuwan, dan tokoh, dalam seratus tahun terakhir ini. Belum lagi barisan seniman yang dihasilkannya. Di Paris, mahasiswa mendapatkan pendidikan termaju, dengan ukuran kelas kecil, dan biaya pendidikan yang relatif rendah.

London, Inggris

London bisa dibilang merupakan rumah bagi belasan perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 500 terbaik dunia. Dua universias di sana bahkan masuk sepuluh besar sebagai perguruan tinggi terbaik dunia, yaitu Imperial College London dan University College London. Selain itu, London School of Economics and Political Science (LSE) juga masuk dalam lima universitas terbaik dunia untuk ilmu sosial.

Di samping memiliki banyak perguruan tinggi hebat, London juga memiliki fasilitas kelas dunia, seperti Perpustakaan Inggris, yang membuat kota ini menjadi magnet dunia. London juga memberikan khazanah pusat kebudayaan, kreativitas, dan keanekaragaman.

Maklum, sepertiga mahasiswa di sana adalah mahasiswa internasional. Yang mungkin masih menjadi masalah di London, sebagaimana yang biasa terjadi kota besar lain, adalah biaya hidup yang terus meningkat.

Boston, Amerika Serikat

Dalam hal pendidikan, Boston bisa dibilang sebagai saingan ketat London. Jika London memiliki berbagai universitas hebat dunia yang dilengkapi perpustakaan kelas dunia, Boston memiliki perguruan tinggi terbaik dunia, yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang menduduki peringkat nomor 1, dan Harvard University yang menduduki peringkat nomor 3 terbaik di dunia.

Boston merupakan perpaduan dari percampuran mahasiswa, kualitas hidup, dan aktivitas pengajar yang tinggi. Kota ini juga memberikan khazanah budaya, seni dan politik, dengan banyaknya ruang terbuka hijau.

Yang mungkin menjadi masalah di Boston adalah biaya pendidikan yang tinggi. Meski ada cukup banyak program beasiswa yang ditawarkan, namun warga di sana masih banyak yang kesulitan masuk ke universitas di kotanya sendiri.

Melbourne, Australia

Ada enam perguruan tinggi di Melbourne yang masuk dalam daftar 500 universitas terbaik dunia. Sebagai kota pendidikan nomor satu di Australia, Melbourne jelas menjadi ikon utama dari industri pendidikan Australia, serta menjadi pusat tujuan mahasiswa dari seluruh dunia. Sepertiga mahasiswa yang berkuliah di Melbourne adalah warga asing.

Dengan penduduk hanya 4 juta jiwa, dan mahasiswa mencapai 180 ribu orang, Melbourne dianggap sebagai salah satu kota paling nyaman di dunia.

Wina, Austria

Di Wina, ada dua perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 500 universitas terbaik dunia, yaitu Universität Wien dan Technische Universität Wien. Meski hanya memiliki dua universitas yang masuk jajaran terbaik dunia, namun Wina memiliki kekayaan kultural, kualitas hidup, dan biaya pendidikan yang relatif rendah. Karenanya, ibukota Austria itu menjadi salah satu tujuan pendidikan internasional.

Bagi para pelajar dan mahasiswa, Wina adalah kota yang nyaris sempurna dalam hal kualitas hidup. Biaya pendidikan di sana relatif terjangkau, biaya hidupnya tidak terlalu tinggi, sementara lingkungan kotanya juga tergolong ramah. Bisa dibilang, Wina bagi Austria adalah Yogya-nya Indonesia.

Sydney, Australia

Selain Melbourne, Australia juga memiliki Sidney yang menjadi kota lain dalam hal kehebatan pendidikannya. Jika Melbourne dianggap sebagai ibukota budaya Australia, Sydney merupakan ibukota keuangan dan ekonomi di sana. Dengan pemandangan pelabuhan Sydney yang menawan, juga taman-taman yang eksotik, Sydney merupakan salah satu kota paling eksotik bagi pelajar di seluruh dunia.

Ada dua universitas di Sidney yang masuk dalam daftar 100 universitas terbaik dunia, yaitu University of Sydney dan University of New South Wales. Karenanya tidak heran kalau kota ini memiliki konsentrasi pelajar asing yang tinggi. Kualitas hidup di sana termasuk tinggi, dengan biaya hidup dan pendidikan yang juga tinggi.

Zurich, Swiss

Zurich terkenal karena kemakmuran, ketertiban, dan pajaknya yang rendah, sehingga terkesan lebih cocok untuk tempat tinggal para jutawan, daripada pelajar. Meski begitu, Zurich memiliki Swiss Federal Institute of Technology, yang merupakan perguruan tinggi terbaik dunia di luar Amerika Serikat dan Inggris.

Sebagai negara yang tertib dan aktivitas pengajar yang tinggi, Zurich menawarkan kualitas hidup yang nyaris sempurna untuk mahasiswa.

Berlin, Jerman

Dalam hal pendidikan, Berlin mungkin tidak seterkenal kota pendidikan macam Boston, London, atau Paris. Meski begitu, Berlin memiliki dua perguruan tinggi yang masuk jajaran 150 universitas terbaik dunia, yakni Freie Universität Berlin dan Humboldt-Universität zu Berlin. Yang perlu dicatat, Berlin juga dianggap sebagai salah satu kota paling keren di dunia.

Dalam dekade terakhir, berbagai perayaan budaya, desain, fashion, musik dan seni di Berlin setara dengan New York dan London. Berlin juga menjadi ibukota keuangan global. Meski begitu, biaya hidup di sana tetap terjangkau bagi pelajar. Tampaknya, kota ini memang berusaha mengombinasikan biaya perumahan yang murah, dengan biaya pendidikan yang rendah.

Dengan kualitas hidup yang baik, terjangkau, atmosfir liberal dan banyaknya kegiatan, Berlin sangat menarik bagi mahasiswa internasional.

Dublin, Irlandia

Daya tarik Dublin dalam dunia pendidikan adalah percampuran mahasiswa dan kualitas hidup yang tinggi. Kota pendidikan ini mengombinasikan fasilitas pendidikan dan suasana bersejarah di sekelilingnya.

Di sana ada dua perguruan tinggi terkenal yang juga dianggap perguruan tinggi terbaik dunia, yaitu Trinity College Dublin dan University College Dublin. Sejumlah tokoh besar dari berbagai disiplin ilmu juga muncul di sini, di antaranya Samuel Beckett, James Joyce, dan Oscar Wilde. Dublin menjadi salah satu rujukan kota pendidikan bagi mahasiswa internasional. Sayangnya, biaya pendidikan di sana relatif tinggi.

Montreal, Kanada

Bagi Kanada, Montreal adalah ibukota budaya, sekaligus kota paling nyaman di dunia. Sementara Unesco menobatkan Montreal sebagai satu di antara tiga ibukota dunia, karena kebudayaan Inggris dan Prancis yang menyatu di kota itu.

Montreal menawarkan kualitas hidup yang tinggi. Selain itu, di sana ada perguruan tinggi yang sangat terkenal, yaitu McGill University, yang menduduki peringkat ke-17 dalam daftar 100 universitas terbaik dunia. Yang paling menarik, meski tergolong kota besar dan terkenal, biaya hidup di sana tergolong rendah.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Studi 2461869911429847577

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item