Kenapa Wanita Seperti Lebih Cepat Dewasa?

Kenapa Wanita Seperti Lebih Cepat Dewasa?
Ilustrasi/pixabay.com
Dibandingkan dengan kaum pria, wanita memang lebih cepat dewasa. Dalam perkembangan seusai remaja, wanita lebih mampu mengatur kesejahteraan psikologis mereka dibanding pria.

Nancy Galambos, peneliti dari Departemen Psikologi University of Alberta, Kanada, menekankan kenyataan itu setelah mencoba mempelajari bagaimana remaja usia 18 sampai 25 tahun melakukan transisi dari remaja ke dewasa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, wanita diketahui memiliki tingkat yang lebih tinggi untuk gejala depresi dan perasaan rendah diri, dibanding pria seusia mereka. Remaja merupakan tahap transisi perkembangan antara masa kanak-kanak menuju dewasa secara penuh.

Seiring bertambahnya waktu, secara biologis pria maupun wanita mengalami perubahan untuk menjadi orang dewasa. Namun, secara emosional, bisa jadi tidak sepenuhnya matang.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Developmental Psychology itu juga terungkap, bahwa meski mereka telah dewasa dan dihadapkan pada keragaman pilihan hidup, wanita terlihat lebih mudah berdamai dengan diri mereka sendiri ketika menginjak usia 20-an.

Wanita lebih memiliki kemampuan dalam hal mengatur faktor psikologis mereka, hingga menjadikannya lebih mudah menerima kesetaraan gender yang biasanya bergejolak pada masa remaja. Sementara remaja pria, dalam usia yang sama, masih cenderung membeda-bedakan mana yang dianggap pantas dilakukan pria dan mana yang hanya pantas dilakukan wanita.

Nancy Galambos menyatakan, “Fakta bahwa wanita muda lebih cepat dewasa dibanding pria memang sudah sering kita dengar, namun penelitian ini adalah kejutan yang bisa melengkapi cerita yang ada.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Studi 6461684202954712197

Posting Komentar

  1. teman saya pernah menulis atau mengutip. pada wanita bagian otak yang mempengaruhi kedewasaan mulai berkembang pada usia 7 tahun, sedang pada laki-laki bagian itu baru mulai berkembang pada usia 18 tahun.

    sory lupa sumber tepatnya

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item