Berapa Jumlah Planet di Galaksi Bimasakti?

Ilustrasi/kompasiana.com
Berdasarkan studi terbaru, galaksi Bimasakti memiliki lebih banyak planet daripada bintang. Jumlah planet dalam galaksi Bimasakti diperkirakan mencapai 160 miliar, sedangkan jumlah bintang mencapai 100 miliar. Studi itu dilakukan oleh Arnaud Cassan dari Paris Institute of Astrophysics.

Berdasarkan riset, peneliti menemukan bahwa 1/6 bagian Bimasakti dihuni oleh planet seukuran Jupiter, 1/2 bagian diisi planet seukuran Neptunus, dan 2/3 bagian lain diisi oleh Super-Earth (1-10 kali massa Bumi). Itu pun hanya yang ada pada jarak yang sudah terdeteksi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Astronomi 581624578608983918

Posting Komentar

  1. dengan segitu luasnya jagad raya, tapi kenapa hanya Bumi yang bisa dihuni manusia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan, jika dibandingkan seluruh luas jagad raya, bisa dibilang Bumi hanya seukuran kerikil. Menurut para ilmuwan, yang menjadikan Bumi dapat ditinggali manusia karena di sini tersedia sumber kehidupan yang memungkinkan manusia hidup. Misalnya oksigen, air, dll.

      Bisa jadi di planet-planet lain juga tersedia penunjang kehidupan, tapi pengetahuan kia (manusia Bumi) belum mampu menjangkau. Yang baru diketahui, planet Mars yang tampaknya punya kemungkinan dihuni makhluk hidup (manusia). Mungkin di masa datang para astronom akan tahu lebih banyak.

      Hapus
    2. semoga saja begitu
      kadang bosen juga denger berita bahwa ada planet lain yang bisa ditinggali, tapi belum juga terealisasi
      untuk Mars, aku pernah tahu ada pendaftaran relawan yang akan diuji coba di sana
      temenku pernah sempat daftar, tapi seleksinya ketat :D
      harus bikin video pengakuan kenapa saya berhak ikut ke Mars

      Hapus
    3. Benar, memang ada acara "pendaftaran ke Mars", itu udah dimulai beberapa waktu lalu. Tapi perjalanan ke sana cuma satu arah lho John. Maksudnya, para pendaftar yang ikut dalam acara itu cuma diantarkan sampai di sana, tapi gak boleh balik ke Bumi lagi. Jadi begitu nyampai di sana, terus ditinggal untuk bertahan hidup, sekaligus menjadi generasi manusia pertama di Mars.

      Kalau aku sih masih mikir-mikir buat ke sana, hehe...

      Hapus
    4. dengan kata lain, difasilitasi untuk bunuh diri :D

      Hapus
    5. Hahaha... iya, kira-kira begitu.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item