Bagaimana Virus Komputer Mendapatkan Namanya?

Ilustrasi/kompas.com
Musuh klasik komputer adalah virus, yang umumnya diciptakan untuk menyerang perangkat komputer, hingga kemudian muncul upaya memeranginya menggunakan antivirus. Jika kita perhatikan, virus-virus komputer memiliki nama-nama yang unik, semisal CodeRed, ILOVEYOU, dan lain-lain. Dari mana nama-nama itu muncul, dan bagaimana suatu virus dinamai begitu?

Berdasarkan penelusuran yang pernah dilakukan menyangkut hal ini, ternyata penyematan nama untuk virus-virus yang pernah beredar itu didasarkan pada siapa penemunya, karakteristik virus, model penyebaran, serta identifikasi awal dari virus bersangkutan.

Virus ILOVEYOU, sebagai misal, mendapatkan nama itu setelah para pakar keamanan mengidentifikasi bahwa virus tersebut penyebaran awalnya melalui e-mail yang menyertakan attachment. Dalam subject e-mail serta lampiran attachment-nya selalu tertulis Love-letter-for-you.txt. Dari situ kemudian disepakati bahwa virus itu dinamai ILOVEYOU.

Contoh lain adalah virus yang dinamakan Koobface and Vundo. Para pakar menamai virus itu Koobface and Vundo, setelah melihat metode penyebarannya. Koobface adalah anagram untuk Facebook, karena virus itu menyebar melalui jejaring sosial. Sedangkan Vundo adalah singkatan Virtual and Mundo (suatu istilah dalam bahasa Spanyol).

Selain metode penyebaran, identifikasi awal dan cara kerjanya, ada beberapa virus yang mendapatkan nama dari para pembuatnya, misalnya Samy Worm yang dibuat Samy Kumar, atau virus CIH yang merupakan singkatan nama pembuatnya yang bernama Chen Ing Hau.

Penamaan virus-virus itu, meski terkesan tidak penting, namun sebenarnya dibutuhkan, karena para pengguna komputer perlu mengidentifikasi virus apa yang menyerang komputernya, hingga bisa menggunakan antivirus yang tepat. Para pembuat antivirus pun membutuhkan daftar nama virus untuk identifikasi virus apa saja yang bisa dilawan dengan antivirus mereka.

Belum lama, dunia internet dihebohkan dengan sesuatu yang disebut Heartbleed. Heartbleed sebenarnya bukan virus, melainkan celah atau bug pada sistem komputer. Nama itu berasal dari Codenomicon, perusahaan yang menemukan bug itu pertama kali, yang mengilustrasikan bahwa bug tersebut seperti luka berdarah yang meneteskan semua data penting dari memori. Karena itulah kemudian bug itu dinamai Heartbleed.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Iptek 8212366763790172190

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item