Bagaimana Termometer Mendeteksi Suhu?

Ilustrasi/goldismia.org
Termometer adalah alat pendeteksi suhu dalam bentuk angka. Suhu adalah ukuran panas atau dingin. Di dalam termometer terdapat zat unik yang memungkinkannya mengukur suhu.

Jika zat dipanaskan, volumenya akan bertambah dengan persentase tetap. Sedang jika didinginkan, volume yang semula bertambah akan berkurang. Seperti itulah cara kerja termometer yang menggunakan sifat volume zat yang berubah menurut panas yang diterimanya.

Termometer lebih banyak menggunakan alkohol atau air raksa, karena sifat perubahan volume kedua zat itu sangat tergantung pada panas. Misalnya, pada pipa kaca yang panjang dan tebal diberi tanda derajat dalam skala, sedang pada bagian paling bawah dibuat tabung yang besar. Kemudian, cairan zat seperti air raksa atau alkohol diisikan ke dalamnya. Volume zat di dalam tabung akan berubah sesuai dengan berubahan suhu udara.

Dengan cara itu, penanda derajat yang terdapat pada pipa kaca dapat naik-turun. Kita dapat mengetahui suhu dengan membaca penanda derajat ini. Melalui cara seperti itulah termometer bisa mengukur atau mendeteksi suhu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Iptek 231218821293210383

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item