Apa yang Akan Terjadi kalau Bom Atom Meledak?

Ilustrasi/beritasenator.com
Ketika bom atom meledak, panas yang dihasilkannya lebih panas seribu kali lipat daripada panas matahari. Karenanya, efek atau akibatnya sudah bisa diramalkan—semua benda yang ada di sekitar ledakan, termasuk manusia, akan meleleh. Bahkan umpama bom atom itu meledak atau diledakkan di bawah tanah, akibatnya sama saja.

Kasus nyata menyangkut hal ini bisa dilihat pada yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki pada waktu Perang Dunia II, ketika pihak Sekutu menjatuhkan bom atom di sana. Meski mungkin masih ada orang yang bernasib baik dan tetap bertahan hidup ketika ledakan bom terjadi, angin panas yang berembus setelah ledakan dan abu radiasi akan membuat semua orang yang berada dalam radius lima kilometer dari lokasi ledakan tersebut akan tewas.

Pada saat ini, kalau kita mengumpulkan seluruh senjata nuklir yang dimiliki Amerika Serikat, Rusia, dan negara-negara lain, lalu meledakkan semuanya, maka kejadiannya akan sama dengan meledakkan beberapa ton TNT (bahan pedelak) di atas kepala masing-masing setiap orang di seluruh dunia. Bahkan membayangkannya pun sudah cukup mengerikan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Iptek 2100659451666490605

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item