Bagaimana Kincir Angin Menghasilkan Listrik?

Bagaimana Kincir Angin Menghasilkan Listrik?
Ilustrasi/istimewa
Sebagaimana namanya, kincir angin adalah mesin yang digerakkan tenaga angin. Di zaman dulu, kincir angin digunakan untuk menumbuk biji-bijian atau menggiling padi, memompa air, juga untuk mengairi sawah.

Di masa modern, kincir angin adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, disebut juga dengan istilah turbin angin.

Prinsip kerja kincir angin adalah menjadi penerima energi. Kincir angin menerima energi kinetik dari angin, dan mengubahnya menjadi energi lain yang dapat digunakan seperti listrik. Angin yang datang akan menabrak sayap kipas (baling-baling) pada kincir angin, sehingga sayap kipas akan berputar.

Kemudian, sayap kipas akan memutar poros di dalam nacelle (berbentuk tabung di belakang sayap kipas kincir angin). Poros dihubungkan ke gearbox (semacam roda bergerigi).

Di gearbox, kecepatan perputaran poros ditingkatkan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox. Gearbox dihubungkan ke generator yang akan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Dari generator, energi listrik mengalir menuju transformer (alat yang digunakan untuk mengendalikan tegangan) untuk menaikkan tegangannya. Setelah itu, listrik dapat didistribusikan atau disalurkan ke tempat yang membutuhkan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 9097846323022454851

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item