Apa Perbedaan Miss World dan Miss Universe?

Apa Perbedaan Miss World dan Miss Universe?
Ilustrasi/istimewa
Miss World digagas oleh Eric Morley, dan menjadi kontes kecantikan internasional tertua di dunia yang masih diselenggarakan hingga sekarang. Miss World pertama kali diadakan di Inggris Raya pada tahun 1951.

Pada waktu itu, Eric Morley berencana hanya mengadakan kontes satu kali, dengan tujuan memperkenalkan bikini pada wanita. Namun ternyata kontes itu mendapat banyak peminat, hingga ia pun memutuskan untuk menjadikannya sebagai kontes tahunan. Pemenang Miss World pertama adalah Kiki Hakansson asal Swedia.

Sebelum masuk ke babak final, delegasi Miss World harus melalui fast track, serangkaian tantangan untuk mendapatkan nilai, hingga mereka berhak mengikuti final. Fast track terdiri dari Beach Fashion, Miss Talent, Miss Sports, Beauty With A Purpose, dan Top Model.

Sebelum setiap negara mengirimkan delegasinya, Miss World punya rangkaian tersendiri. Untuk bisa melaju pada ajang Miss World, para finalis harus memenangkan ajang kontes kecantikan di negaranya terlebih dulu. Di Indonesia, kontes kecantikan menuju Miss World adalah Miss Indonesia. Wanita yang memenangkan kontes Miss Indonesia berhak menjadi finalis yang akan maju ke kontes Miss World.

Miss Universe tidak jauh beda dengan Miss World. Kontes Miss Universe diadakan pertama kali di Long Beach, California, Amerika Serikat, pada 1952. Kontes itu diadakan oleh Pacific Mills, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pakaian. Pemenang pertama Miss Universe adalah Armi Kuusela asal Finlandia.

Karena popularitasnya, kontes Miss Universe sempat beberapa kali berpindah tangan kepemilikan. Dari tangan Pacific Mills, kontes itu pernah dibeli perusahaan Kayser-Roth dan Gulf-Western. Kemudian, pada 1996, kontes itu dibeli oleh Donald Trump yang menjadi pemilik kontes tersebut sampai sekarang.

Sama seperti Miss World, finalis Miss Universe berasal dari wanita-wanita yang telah memenangkan kontes kecantikan di negaranya masing-masing. Di Indonesia, kontes kecantikan yang memegang lisensi Miss Universe Organization adalah kontes Puteri Indonesia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4515318043431577727

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item