Sepuluh Persen Pengguna Facebook Bukan Manusia

Sepuluh Persen Pengguna Facebook Bukan Manusia
Ilustrasi/istimewa
Kedengarannya mungkin agak menakutkan, tetapi itulah hasil penelitian yang dilakukan eMarketer, sebuah perusahaan riset pasar di internet.

Dari riset yang dilakukan, terungkap bahwa 10 persen dari total pengguna situs jejaring sosial Facebook bukan manusia, melainkan hewan peliharaan. Diperkirakan ada 100 juta pengguna Facebook yang terdiri dari anjing, kucing, kuda, dan lainnya. Bahkan, Mark Zuckerberg—yang merupakan pendiri Facebook—juga memiliki laman Facebook untuk anjingnya.

Menurut eMarketer, hanya 889,3 juta dari 1 miliar pengguna Facebook yang benar-benar manusia atau orang yang sengaja ingin memiliki akun di sana.

Pada saat ini, pertumbuhan terbesar pengguna Facebook berasal dari India, Brazil, Rusia, Timur Tengah, dan Afrika. Facebook pun menargetkan kenaikan pengguna di negara-negara tersebut. Dalam prediksi eMarketer, penggunaan Facebook akan tumbuh menjadi sekitar 54,7 persen pada tahun 2017.

Itu disebabkan karena naiknya jumlah pengguna Internet. Tetapi di kawasan Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa Barat, kenaikan jumlah pengguna Facebook melamban. Banyak pengguna Facebook yang mulai bosan dan pergi ke situs jejaring sosial lainnya.

eMarketer juga memperkirakan, akibat banyak pengguna yang mulai bosan, sebanyak 63 persen pengguna Facebook akan membuka jejaring sosial itu setidaknya hanya satu bulan sekali.

Para investor pun mulai meragukan pertumbuhan pengguna Facebook beberapa tahun ke depan. Alasan itu cukup masuk akal, karena para remaja sudah mulai kehilangan minat untuk terus menggunakan Facebook, dan mulai berpikir untuk pindah ke media sosial lain.

Di negara-negara seperti Cina, Jepang, Korea Selatan, dan Rusia, misalnya, kalangan anak mudanya lebih memilih menggunakan situs jejaring sosial buatan lokal.

Sementara itu, The Financial Times juga melaporkan banyak investor yang percaya bahwa remaja sudah tidak menganggap Facebook sebagai sesuatu yang menarik.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 170855027411947703

Posting Komentar

  1. haha, apalagi ditambah dengan spammer
    1 orang punya 100 akun :D

    btw, remaja emang udah bosan sama Facebook
    saya aja pake Facebook karena emang butuh info2 ttg kuliah di sana
    sembari cari duit di sana
    kalo ga ada itu ya saya tinggal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku kok dari dulu emang gak tertarik blas sama Facebook, entah kenapa. Cuma penasaran aja waktu dulu FB lagi heboh-hebohnya, karena masih baru. Makanya waktu bikin akun itu ya buat iseng2 aja, sambil lihat2 gimana orang-orang pada main Facebook. Sekalian biar gak dibilang ketinggalan jaman, Hehe...

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item