Mengapa Cokelat Putih Tetap Disebut Cokelat?

Ilustrasi/kompas.com
Cokelat putih adalah salah satu varian dari beragam jenis cokelat. Sebagaimana namanya, cokelat putih tidak berwarna cokelat, tidak memiliki rasa sebagaimana umumnya cokelat, bahkan rasanya cenderung mirip susu. Mengapa cokelat putih tetap disebut cokelat?

Cokelat terbuat dari biji tanaman kakao. Dalam pembuatan, biji kakao mengalami berbagai proses, dari pemanggangan sampai penggilingan atau penumbukan. Dalam proses itu, sebagian biji kakao meleleh menjadi lemak nabati. Lemak itu disebut pula mentega cocoa. Sebagian biji yang tidak meleleh akan hancur menjadi bubuk, kemudian kedua bahan itu bercampur, dan jadilah cairan cokelat yang menjadi dasar pembuatan semua cokelat.

Bagaimana dengan cokelat putih? Dalam pembuatan cokelat putih, yang diambil hanya mentega cocoa-nya. Mentega cocoa yang sudah meleleh dicampurkan dengan susu dan gula. Itulah cairan yang menjadi dasar pembuatan cokelat putih.

Karena tidak mengandung bubuk biji kakao, cairan itu pun tidak berwarna cokelat. Rasanya juga tidak pahit, seperti umumnya cokelat. Meski begitu, adanya campuran mentega cocoa dalam cokelat putih membuatnya tetap memiliki sensasi rasa dan aroma yang serupa dengan cokelat pada umumnya. Karena itulah cokelat putih tetap dimasukkan dalam kelompok cokelat, meski tidak memiliki rasa dan warna cokelat sama sekali.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 2894291963483677996

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item