Berapa Berat Kulit Manusia?

Ilustrasi/ikons.id
Kulit manusia terdiri dari tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan jaringan subkutan. Ketebalan kulit juga sangat bervariasi di seluruh tubuh. Kulit halus sekitar mata, misalnya, hanya setebal beberapa lembar kertas, sementara kulit lutut di kaki bisa setebal penghapus pensil.

Di banyak daerah tubuh, kulit memiliki karakteristik berbeda. Kulit merupakan satu organ, dan tidak semua kulit “berdaging”. Sebagai organ, kulit membungkus tubuh manusia, termasuk kuku dan rambut. Secara total, sekitar 16 persen total berat badan kita adalah kulit. Jika ditimbang, kebanyakan kulit orang dewasa memiliki berat 10 kilogram atau lebih.

Tentunya berat kulit juga bervariasi tergantung pemiliknya. Semakin kurus seseorang, semakin ringan berat kulit. Jika kulit manusia dewasa dibentangkan, rata-rata lebarnya mampu mencakup dua meter persegi.

Selain kulit, organ tubuh manusia terberat adalah usus (3,75 kilogram), paru-paru (2,5 kilogram), hati (1,6 kilogram), otak (1,5 kilogram) dan jantung (0,3 kilogram).

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 4023788959113336722

Posting Komentar

  1. Balasan
    1. Iya, semula aku juga nggak nyangka kalau beratnya sampai segitu. :D

      Hapus
  2. Mantab, lumayan menambah pengetuan tentang kulit manusia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, itu baru kulit. Semoga di waktu-waktu mendatang bisa membahas organ-organ lainnya.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item