Di Antara Bos dan Karyawan, Siapa yang Lebih Bahagia?

Di Antara Bos dan Karyawan, Siapa yang Lebih Bahagia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis

Mana yang lebih bahagia, bos atau karyawan? Sekilas, seorang karyawan hanya bekerja 8 jam sehari, dan setelah itu dapat memikirkan kehidupan pribadinya. Sementara seorang bos bisa dibilang tidak bisa berhenti memikirkan nasib perusahaan dan karyawannya, meski untuk itu mereka mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Di waktu-waktu tertentu, misalnya ketika dunia bisnis sedang bermasalah, seorang bos punya tanggung jawab moral dan mental yang sangat berat.

Studi terbaru yang dilakukan di Amerika, menunjukkan bahwa seorang bos perusahaan tidak hanya memperoleh penghasilan yang lebih besar, namun juga tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dibanding para karyawan. Meski mungkin kenyataan ini tidak mengejutkan, namun baru kali ini ada studi ilmiah yang secara khusus dilakukan untuk menguji hal tersebut.

Studi itu dilakukan Pew Research Center, dengan meneliti jajaran paling atas berbagai perusahaan di Amerika. Dalam studi terungkap, sebanyak 83 persen orang-orang yang menempati pangkat tinggi di suatu perusahaan—dengan kata lain; bos—mengakui mereka bahagia dengan kehidupan pribadinya, sementara hanya ada 74 persen karyawan yang mengaku bahagia dalam kehidupan pribadinya.

Ketika ditanya mengenai kepuasan kerja, sebanyak 69 persen bos mengaku puas dengan pekerjaannya, sementara karyawan tidak ada separuhnya yang mengaku puas dengan pekerjaan mereka. Aspek lainnya, dalam hal kepuasan penghasilan, sebanyak 40 bos mengaku puas dengan penghasilannya, dan hanya ada 28 persen karyawan yang puas dengan penghasilan mereka.

Pertanyaan lainnya, apakah mereka menganggap karir atau pekerjaannya telah menjadi pilihan yang tepat?

Sebanyak 78 persen bos merasa telah memiliki pekerjaan yang tepat, sementara hanya ada 44 persen karyawan yang merasa pekerjaan mereka saat ini sudah tepat. Selain itu, hanya ada 12 persen bos yang berpikir untuk mencari pekerjaan atau karir baru, namun ada 23 persen karyawan yang sedang mencari pekerjaan baru, karena merasa tidak puas dengan pekerjaannya sekarang.

Hasil survei ini tidak hanya mengungkapkan hal-hal yang mungkin telah kita ketahui, namun juga menunjukkan beberapa hal yang mungkin belum kita bayangkan.

Hmm… bagaimana menurutmu?

__________________________

Catatan terkait:
Negara-Negara Mana yang Penduduknya Paling Gila Kerja?
Apa yang Disebut Usus Buntu?

Related

Studi 5267631078382228637

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item