Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Pria?

Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Pria? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Meski secara fisik wanita terlihat lebih lemah dibanding pria, namun ternyata wanita memiliki kesempatan hidup lebih panjang. Apa rahasianya?

Dalam salah satu edisi New Scientist, para pakar dari Skandinavia mengungkapkan, wanita memiliki dua kromosom X yang memproduksi dua sel yang berbeda. Dua kromosom itu digunakan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pada usia muda, kromosom X digunakan secara acak. Namun, pada usia sekitar 73 sampai 93 tahun, kedua sel dalam kromosom digunakan secara bersamaan.

Kromosom ganda itulah yang membuat wanita lebih bisa tahan hidup dibanding pria, yang hanya memiliki satu sel dalam kromosomnya. Dengan kata lain, sebagaimana yang dikatakan para peneliti, “Pria hanya memiliki satu kesempatan.”

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 4530573874771713114

Posting Komentar

  1. pantesan lebih banyak orang tua perempuan daripada laki-laki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wanita lanjut usia memang lebih banyak dibanding pria lanjut usia. Diperkirakan sepertiga dari populasi wanita di dunia terdiri dari wanita lanjut usia. (Gambaran kasarnya, sepertiga adalah wanita lanjut usia, sepertiga lagi masih anak-anak atau belum puber, dan hanya sepertiga yang wanita dewasa).

      Karena hal itu pula, para feminis punya dasar yang kuat waktu menyatakan bahwa sebenarnya tujuan poligami adalah untuk menikahi wanita-wanita lanjut usia tersebut, dengan tujuan melindungi dan merawat hidup mereka.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item