Ternyata, Tertawa Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Ternyata, Tertawa Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Ada saran bagus yang sepertinya perlu dilakukan para penderita masalah jantung. Yaitu sering-sering bercanda atau melakukan sesuatu yang membuat tertawa, semisal menonton film komedi, membaca buku cerita yang lucu, atau lainnya.

Karena, berdasarkan studi, aktivitas tertawa bisa membantu penderita masalah jantung untuk menghindari kemungkinan kena serangan jantung yang sering datang mendadak.

Kesimpulan itu diperoleh berdasarkan penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Loma Linda University, Amerika Serikat, terhadap dua kelompok penderita jantung.

Dalam penelitian itu, sebanyak 48 penderita masalah jantung dipisahkan. Selama setahun, sebagian dari mereka diminta menonton film-film lucu yang membuat tertawa, sedang sebagian lagi dilarang menyaksikannya.

Satu tahun kemudian, hanya dua orang yang ikut menonton film lucu yang penyakitnya kambuh. Sementara pada mereka yang jarang tertawa—karena dilarang menonton film lucu—terdapat sepuluh orang yang mengalami serangan jantung.

Stanley Tan, ketua peneliti, menyatakan, “Rupanya, tertawa bisa membantu memulihkan neurotransmitter otak yang berguna mengurangi stres.”

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 434273704513176074

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item