Dibanding Mentah, Sayuran Matang ternyata Lebih Menyehatkan

Dibanding Mentah, Sayuran Matang ternyata Lebih Menyehatkan, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/detik.com
Banyak orang suka menyantap sayuran mentah, dengan berbagai alasan. Biasanya untuk lalapan, agar acara makan terasa lebih sedap. Tentu saja tidak masalah. Namun, ada baiknya jika kebiasaan menikmati sayuran mentah dikurangi, karena sayuran yang dimasak atau matang lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

Studi yang dilakukan tim peneliti dari Institute of Food Research, Inggris, menunjukkan bahwa sayur-mayur yang sudah dimasak merupakan pelindung yang baik bagi jantung dan menjauhkan kanker, dibanding sayuran yang dimakan mentah. Proses memasak membantu melepaskan carotenoid dalam sayuran.

Carotenoid adalah senyawa yang terdapat pada sayur-mayur seperti wortel, sayur berwarna hijau dan kuning, tomat, juga semangka. Senyawa itu melindungi zat kimia dalam tubuh yang berfungsi melawan beberapa jenis penyakit.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh fakta bahwa wortel mentah, misalnya, mengandung carotenoid sekitar tiga sampai empat persen. Namun wortel yang dimasak mengandung carotenoid hingga lima persen.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 7103810850646564575

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item