Kopi ternyata Bisa Membantu Menangkal Penyakit Batu Empedu

Kopi ternyata Bisa Membantu Menangkal Penyakit Batu Empedu, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Masalah batu empedu bisa menghinggapi siapa saja, pria maupun wanita. Dalam kasus tertentu, masalah ini harus diatasi dengan operasi. Kini, berdasarkan studi yang dilakukan untuk hal itu, ditemukan resep baru yang bisa dibilang mudah dilakukan untuk menangkal masalah batu empedu.

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Harvard University melakukan penelitian terhadap biji kopi selama sepuluh tahun. Hasilnya, mereka menyimpulkan, meminum dua cangkir kopi sehari bisa menjauhkan kaum pria dari penyakit batu empedu.

Kopi membantu mencegah terbentuknya gumpalan dalam ginjal, yang berasal dari kolesterol. Selain itu, peminum kopi dua atau tiga cangkir sehari juga 40 persen lebih rendah risikonya untuk terkena batu ginjal, dibanding yang tidak minum kopi. Perlindungan ginjal dari bercokolnya gumpalan di kantung empedu itu hanya diperoleh peminum kopi rutin.

Itu resep untuk kaum pria dalam menangkal batu empedu. Bagaimana dengan kaum wanita? Dari penelitian yang dilakukan terhadap para penderita batu empedu berjenis kelamin wanita, ditemukan perbedaan yang cukup mencolok berikut ini.

Wanita yang aktif dalam kegiatan sehari-hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena masalah batu empedu, dibanding wanita yang kurang aktif atau suka berpangku tangan. Perbandingannya, untuk 100 wanita tidak aktif yang terpaksa menjalani operasi kantung empedu, hanya ada 69 wanita aktif yang perlu operasi sama.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tips 1108347972764334113

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item