Apa Pengaruh Musik pada Kecerdasan Seseorang?

Pengaruh Musik pada Kecerdasan Seseorang, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Para peneliti dari Universitas Wisconsin melakukan studi yang menghasilkan kesimpulan bahwa jenis musik yang mengandung banyak unsur musik—jenis klasik—yang dimainkan untuk bayi sebelum dan sesudah dilahirkan, dapat membentuk bayi lebih cerdas terhadap lingkungan sekitar.

Penelitian dilakukan menggunakan sistem perbandingan yang melibatkan bayi tikus, dengan memperdengarkan musik klasik. Hasilnya, menurut para peneliti, bayi tikus yang diperdengarkan musik sebelum mereka dilahirkan dapat belajar mengenai lingkungannya secara lebih cepat dibanding bayi tikus lain yang tidak diperdengarkan musik.

Para peneliti memperdengarkan musik klasik kepada induk tikus yang sedang hamil, dan kepada bayi tikus selama dua bulan setelah dilahirkan. Kemudian, mereka menguji anak tikus untuk mengambil makanan.

Hasilnya, tikus yang pernah diperdengarkan musik klasik ternyata lebih cepat dalam mengambil makanan, dan sangat sedikit melakukan kesalahan, dibanding anak-anak tikus dari kelompok lain yang tidak diperdengarkan musik klasik.

Hal itu menunjukkan bahwa memperdengarkan musik klasik secara berulang-ulang bisa meningkatkan daya belajar pada bayi tikus. Hasil serupa juga dipercaya bisa dijumpai pada manusia. Kebanyakan ahli matematika diketahui banyak yang menyukai musik klasik.

Hmm… bagaimana menurutmu?

__________________________

Catatan terkait:
Apa Benar Musik Klasik Punya Pengaruh Mencerdaskan Otak Bayi?
Apakah Pabrik Rokok Bisa Digugat Konsumennya?

Related

Studi 6876683084956278851

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item