Bisakah Panci Besi Menambah Zat Besi bagi Tubuh Manusia?

Bisakah Panci Besi Menambah Zat Besi bagi Tubuh Manusia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pixabay.com
Panci besi memiliki manfaat lain selain untuk memasak, yakni untuk menambah zat besi. Karenanya, jika kita kebetulan mengalami kekurangan zat besi, sekarang tidak perlu repot mencari obat atau suplemen untuk itu, tapi cukup gunakan saja panci besi untuk memasak.

Temuan yang mungkin terdengar unik ini dihasilkan dari penelitian yang dilakukan Dr. Abdulaziz Adish dari Universitas McGill di montreal, Kanada, bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Kesehatan Jumma di Ethiopia.

Para ahli memperkirakan, setengah dari wanita dan anak-anak di negara maju mengalami kekurangan zat besi. Akibatnya, pertumbuhan mereka terhambat, mudah lelah, dan gampang terinfeksi macam-macam penyakit, khususnya anemia. Panci besi untuk memasak makanan adalah cara mudah untuk mengatasi masalah kekurangan zat besi penyebab anemia.

Studi yang dilakukan Dr. Abdulaziz dan rekan-rekannya menyimpulkan, menggunakan panci besi untuk memasak makanan memiliki efek meningkatkan kadar zat besi dalam makanan.

Penelitian itu dilakukan dengan membandingkan makanan yang dimasak menggunakan panci besi dan panci alumunium. Hasilnya terbukti, makanan yang dimasak menggunakan panci besi mengandung zat besi dengan kadar tinggi.

Karena itu, daripada mengonsumsi suplemen mahal untuk meningkatkan zat besi sebagaimana yang sekarang banyak dilakukan, jauh lebih baik mengganti panci di dapur dengan panci besi.

Hmm… bagaimana menurutmu?

__________________________

Catatan terkait:
Mengapa Pegangan Tutup Panci Terbuat dari Plastik?
Apa Kaitan Makanan Cepat Saji dengan Oksidasi Lemak?

Related

Tubuh Manusia 3130729523167668132

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item