Olahraga Singkat juga Bermanfaat, Asal Dilakukan secara Rutin

Olahraga Singkat juga Bermanfaat, Asal Dilakukan secara Rutin, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/bukalapak.com
Berolahraga dipercaya sebagai cara untuk tetap sehat dan bugar. Namun, banyak orang yang merasa tidak punya waktu berolahraga karena kesibukan dan aktivitas yang padat.

Padahal, berolahraga tidak perlu banyak waktu atau sampai berjam-jam, karena yang penting adalah kontinuitas alias berkesinambungan. Artinya, tidak masalah berolahraga hanya 15 menit, namun dilakukan secara teratur.

Berolahraga selama 15 menit dan dilakukan tiga kali dalam sehari, memiliki efek yang sama dengan latihan panjang. Karena itu, jika kita menjadwalkan berolahraga selama 45 menit sehari, kita tidak harus melakukannya sekaligus dalam satu waktu. Durasi 15 menit pertama bisa dilakukan di pagi hari, 15 menit selanjutnya di siang hari, dan 15 sisanya di sore hari.

“Aktivitas fisik terlalu lama justru tidak menguntungkan,” kata Howard Sasso, peneliti dari Universitas Harvard, AS. Menurutnya, aktivitas ringan seperti jalan santai atau berkebun justru lebih baik untuk kesehatan jantung dibanding dengan bersepeda, jogging, berenang, atau tenis.

Pernyataan Howard Sasso tersebut dipublikasikan di jurnal American Heart Association, dan memperlihatkan bahwa intensitas latihan lebih penting dibanding lamanya latihan.

Dalam berolahraga atau lainnya, kontinuitas atau kesinambungan memang sering kali lebih memiliki dampak dan pengaruh daripada sesuatu yang dilakukan banyak-banyak tapi tidak teratur.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 3540759418648738247

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item