Minyak Ikan untuk Penyakit Jantung

Ilustrasi/tribratanews.polri.go.id
Orang yang mulai mengonsumsi minyak ikan sebagai nutrisi tambahan setelah menderita penyakit jantung, kemungkinan besar terhindar dari kematian akibat serangan jantung. Kenyataan itu terungkap dari penelitian yang dilakukan Gianni Tognoni, seorang peneliti dari Italia, setelah melakukan pengamatan terhadap 11.500 sukarelawan dalam kurun waktu 3,5 tahun.

Dalam penelitian itu, Gianni Tognoni mendapati bahwa 15 persen penderita jantung terselamatkan jika mereka mengonsumsi minyak ikan.

Efek stres bisa lebih berbahaya

Para pasien penderita masalah jantung umumnya akan mengalami stres secara psikologis, meski mungkin tanpa mereka sadari. Yang mengkhawatirkan, hal itu akan menyebabkan kondisi jantung mereka bertambah parah, bahkan dapat menyebabkan gagal jantung. Kenyataan itu diungkap oleh David Sheps, seorang peneliti dari Tenessee, AS.

Banyak pasien jantung meninggal mendadak karena stres. Bahkan, stres yang dialaminya bisa berakibat lebih berat dibanding penyakit jantung yang diderita. David Sheps bersama rekan penelitinya menemukan fakta bahwa orang yang mengalami inschemia—gangguan aliran darah—akibat stres, lebih besar kemungkinannya untuk mengalami kematian dibanding mereka yang tidak stres.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 2802642193826519932

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item