Mengapa dan Bagaimana Serangan Jantung Terjadi?

Mengapa dan Bagaimana Serangan Jantung Terjadi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Jantung manusia adalah otot yang sangat kuat, yang memompa darah ke seluruh tubuh. Ukurannya hanya sebesar kepalan tangan, dan beratnya kurang dari setengah kilogram.

Setiap hari, jantung memompa sekitar 18.000 liter darah ke seluruh tubuh, meski kita mungkin tidak menyadari jantung sedang berdenyut. Meski begitu, kalau kita berlari cepat, kita akan segera merasakan denyut jantung di dalam rongga dada.

Serangan jantung bisa terjadi ketika salah satu sisi atau kedua sisi jantung tidak dapat memompa darah dalam jumlah memadai untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Penyebab utama yang lain dari serangan jantung adalah tekanan darah tinggi (hipertensi), aterosklerosis koroner (adanya endapan lemak di lapisan dalam arteri koronaris), dan penyakit jantung rematik.

Jika kegagalan jantung terjadi pada sebelah kiri, orang yang mengalaminya akan sesak napas setelah berolahraga, kesulitan bernapas sewaktu berbaring, kejang sehingga sesak napas di malam hari, dan tekanan tinggi yang tidak biasa di dalam vena pulmonaris.

Jika kegagalan jantung terjadi pada sebelah kanan, orang yang mengalaminya akan menderita tekanan tinggi yang tidak biasa dalam sistem vena, pembesaran hati, dan tertimbunnya cairan di kaki. Sedang jika kegagalan jantung terjadi pada dua bilik atau dua sisi sekaligus, orang yang mengalaminya akan menderita pembesaran jantung yang berdenyut dengan irama cepat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 1476468979628582062

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item