Mengapa Nazi Mendapat Dukungan Rakyat Jerman?

Mengapa Nazi Mendapat Dukungan Rakyat Jerman? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Nazi adalah partai yang dipimpin Adolf Hitler. Dalam sejarah, kita mengenal Adolf Hitler sebagai diktator Jerman, dan Nazi yang dipimpinnya menjadi salah satu pencetus Perang Dunia II serta pembantaian terhadap orang-orang Yahudi. Jika Nazi memang benar-benar mengerikan seperti itu, mengapa Nazi mendapat dukungan rakyat Jerman?

Partai Nazi muncul ke permukaan seusai Perang Dunia I. Jerman kalah dalam Perang Dunia I, dan kekalahan itu mengakibatkan Jerman bangkrut karena harus membayar uang dalam jumlah sangat besar sebagai ganti rugi kerusakan perang.

Utang perang menjatuhkan ekonomi Jerman, dan harga-harga yang membubung tinggi membuat rakyat miskin dalam sekejap. Pada waktu itu terjadi depresi besar, dan lebih dari 6 juta orang menganggur.

Pada masa-masa itulah Partai Nazi (Partai Pekerja Nasional Sosialis Jerman) mulai mengibarkan bendera. Pada 1923, Nazi yang dipimpin Adolf Hitler melakukan pemberontakan di Munich. Rakyat yang sengsara dan marah pada pemerintah serta merta mendukung gerakan Nazi. Upaya pemberontakan itu gagal, tapi dukungan dan pengaruh Nazi di Jerman meningkat.

Pada 1933, Nazi menjadi partai terkuat di parlemen, dan kemenangan itu membawa Hitler menjadi kanselir (Perdana Menteri Jerman). Sejak itu pula, Nazi bersiap menghancurkan kekuatan oposisi, menyatakan superioritas ras Aria Jerman, menyingkirkan Yahudi, dan siap berperang dengan negara-negara lain. Puncaknya kemudian adalah Perang Dunia II yang kita kenal dalam sejarah.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 7431183484212601654

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item