Apa Kaitan Antara Kantuk, Mudah Lelah, dan Risiko Kematian?

Apa Kaitan Antara Kantuk, Mudah Lelah, dan Risiko Kematian? Apa Kaitan Antara Kantuk, Mudah Lelah, dan Risiko Kematian?
Ilustrasi/seruni.id
Faktanya memang kematian tidak memandang usia. Seseorang yang masih berusia muda bisa meninggal, sama halnya seseorang yang sudah lanjut usia—dengan berbagai sebab. Namun, sebagai manusia, kita tentu bisa ikhtiar atau berusaha agar selalu sehat dan panjang usia.

Menyangkut hal ini, ada hal penting yang perlu diperhatikan kalangan pria muda yang merasa sering mudah letih di siang hari. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tim dari Rumah Sakit Universitas Uppsala, Swedia, pria muda yang sering letih di siang hari (merasa ngantuk), dan biasa tidur mendengkur, memiliki risiko meninggal lebih tinggi karena serangan jantung.

Dr. Eva Lindberg, ketua tim peneliti, menyatakan, “Kombinasi antara tidur mendengkur, rasa kantuk, dan letih di siang hari, ternyata berhubungan dengan angka kematian yang semakin meningkat tanpa pandang usia.”

Kombinasi ciri yang disebutkan Dr. Eva Lindberg tersebut banyak terjadi pada pria berusia muda, dan lebih cenderung terjadi pada orang yang menderita penyakit kardiovaskuler. Untuk itu, pria muda yang merasa sering mengalami keletihan dan ciri-ciri tersebut, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Hubungan Kanker dan Profesi

Dalam satu penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Swedia dan Spanyol, diketahui bahwa kanker berhubungan dengan profesi-profesi tertentu.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health itu menyatakan bahwa profesi guru, apoteker, penata rambut, dan pekerja sosial-keagamaan, adalah golongan yang berisiko tinggi terkena kanker payudara. Meski separuh dari kasus yang diamati dipengaruhi pula oleh usia, keturunan, kegemukan, usia pada waktu punya anak pertama, dan penggunaan terapi hormon.

Hmm… bagaimana menurutmu?


__________________________

Catatan terkait:
Mengapa Makan Kangkung Menyebabkan Kantuk?
Bisakah Panci Besi Menambah Zat Besi bagi Tubuh Manusia?

Related

Tubuh Manusia 2211701089484497518

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item