Kemampuan Kuman Dalam Bermutasi

Ilustrasi/klikdokter.com
Untuk memerangi kuman yang ada dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan berbagai sarana antibakteri semisal sabun, dan lain-lain. Namun, ternyata, benda-benda antibakteri semisal sabun, lotion, atau berbagai jenis obat yang bersifat antibiotik tersebut justru membuat kuman lebih kebal terhadap berbagai jenis obat. Kenyataan itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Universitas Boston.

Penelitian itu dilakukan setelah diketahui bahwa ternyata berbagai jenis kuman semakin hari semakin mampu melawan berbagai jenis obat yang bisa dianggap semakin baik. Obat itu tidak mampu melawan beberapa jenis bakteri, bahkan membuat bakteri semakin terpacu untuk berbiak.

Dalam penelitian di laboratorium, Dr. Stuart Levy dan rekan-rekannya melakukan percobaan dengan menggunakan bakteri E.Coli, dan mereka menemukan bahwa obat antibakteri yang mengandung bahan campuran triclosan hanya mampu membunuh bakteri dengan cara memblokade molekul lemak.

Peneliti juga mengidentifikasi plasma pembawa keturunan bakteri—ketika terjadi mutasi—membuat mikroba lebih tahan terhadap zat triclosan. Zat itu sering dijumpai pada setiap produk yang digunakan manusia sehari-hari, seperti sabun, pasta gigi, bahan plastik, dan kaus kaki.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 6172523340799603355

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item