Kapan Susunan Genetik Bayi Ditentukan?

Kapan Susunan Genetik Bayi Ditentukan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Segera setelah telur dibuahi, susunan genetik bayi ditentukan. Bagian yang sangat penting dari pembelahan sel melibatkan nukleus (inti). Setiap nukleus berisi dua set gen. Satu set berasal dari ayah, dan satu set dari ibu.

Sebelum sebuah sel membelah diri, kedua set gen disalin, dan proses itu disebut penggandaan DNA. Kemudian, setiap sel baru yang dihasilkan menerima dua set gen yang lengkap, satu set dari ayah dan satu set dari ibu.

Setiap tubuh manusia memperoleh separuh gennya dari masing-masing orangtua, sehingga ia mewarisi beberapa sifat dari ayah dan ibunya. Karena itulah beberapa jenis karakteristik—semisal tinggi badan—menurun dalam keluarga.

Namun, meski begitu, setiap tubuh manusia memiliki lingkungan fisik yang unik, seperti makanan yang kita konsumsi, lingkungan tempat kita tinggal, hingga penyakit yang mungkin kita derita. Karenanya, kita masing-masing juga memiliki perkembangan tingkah laku dan mental sendiri. Selain mewarisi campuran sifat-sifat fisik orangtua, setiap manusia juga individu yang unik.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 6909340808479464867

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item