Kapan Google Menciptakan Android?

Kapan Google Menciptakan Android? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Meski saat ini Android menjadi platform mobile milik Google, namun Android tidak diciptakan oleh Google.

Semula, Android adalah nama perusahaan yang ada di Palo Alto, California, yaitu Android Inc. Perusahaan itu didirikan pada 22 Oktober 2003 oleh Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Mereka menciptakan sistem operasi yang disebut Android SDK.

Kemudian, pada 17 Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. Semua orang yang ikut dalam pengembangan awal Android masuk dalam satu paket akuisisi tersebut, termasuk para pendirinya. Di awal akuisisi, Google tidak menunjukkan rencana apa-apa, dan hanya ingin mengembangkan Android SDK.

Seiring berjalannya waktu, Google berencana masuk ke dunia mobile yang saat itu masih dikuasai oleh Symbian dan Windows Mobile. Memasuki awal 2007, rencana itu tercapai dengan lahirnya prototype operating system Android yang dapat bekerja di hampir semua handset dan PDA serta jaringan operator.

Sejak mulai merambah dunia mobile, Google telah merilis berbagai versi Android. Uniknya, semua versi Android tersebut menggunakan nama makanan. Berikut ini urutannya: Cupcake (C), Donut (D), Eclair (E), Froyo (F), Gingerbread (G), HoneyComb (H), Ice Cream (I), Jelly Bean (J) dan KitKat (K).

Mengapa tidak ada nama yang diawali huruf Adan B? Randall Safara, juru bicara Google, pernah menjelaskan bahwa sebenarnya huruf A dan B pernah digunakan sebagai penanda versi Android pertama, namun urung dirilis ke publik.

Huruf A mewakili Android 1.0 Astro Boy, dan huruf B adalah Android 1.1 Bender. Karena ada komplain dari perusahaan lain yang lebih dulu menggunakan hak paten nama itu, Google pun tidak menggunakannya lagi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 5542089649317138229

Posting Komentar

  1. Wah saya malah baru tahu mas kalau ternyata android ini diciptakan oleh mbah gugel. Saya kira malah orang lain hehehe :D
    Tapi hebat juga android itu, soalnya bisa menyaingi blackberry. Dan sekarang banyak masyarakat yang memilih hape android dari pada blackberry. Saya juga sebenarnya pengen banget punya hape android, tapi sampai sekarang belum kesampean juga hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuh, Android tidak diciptakan Mbah Google, Mbak Ririn. Coba baca lagi artikelnya. Hehehe..

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item