Tidur ternyata Berfungsi untuk Melindungi Sel Otak

Tidur ternyata Berfungsi untuk Melindungi Sel Otak, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Tidur tidak hanya mengembalikan energi kita agar tubuh kembali segar, namun ternyata juga berfungsi penting bagi otak kita.

Ketika tidur, tubuh kita meningkatkan produksi sel pembuat materi pelapis, yang disebut myelin, yang berfungsi melindungi sirkuit otak. Kenyataan itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Wisconsin, yang telah dipublikasikan di Journal of Neuroscience.

Dr. Chiara Cirelli dan para koleganya dari Universitas Wisconsin melakukan penelitian menggunakan tikus, dan menemukan bahwa tingkat produksi sel pembuat myelin, yaitu oligodendroctytes, berlipat ganda ketika tikus tidur.

Kenyataan yang sama terjadi pada manusia, dan peningkatan itu sangat tinggi ketika seseorang memasuki tahapan tidur bermimpi atau REM (rapid eye movement), dan didorong oleh gen.

Kebalikannya, ketika tikus dipaksa untuk terjaga, gen yang berperan dalam kematian sel dan hilangnya respon terhadap stres diaktifkan. Hal tak jauh beda terjadi pula pada manusia. Karenanya pula, kurang tidur menjadikan tubuh kita kesulitan memperbarui sel, dan kita pun lebih rentan mengalami stres karena kurang mampu berpikir jernih.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 3426527604008144883

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item