Emisi Kompor Gas ternyata Menyebabkan Serangan Asma

Emisi Kompor Gas ternyata Menyebabkan Serangan Asma, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Wanita yang menderita asma perlu lebih hati-hati saat berada di dapur, karena ternyata udara di dapur bisa memperparah derita asma. Kenyataan itu terungkap dari penelitian yang dilakukan Raymond Seet, dari Fakultas Kedokteran Universitas Nasional Singapura. Ia menyatakan, nitrogen dioksida—emisi dari penggunaan kompor gas—bisa memperburuk kondisi penderita asma.

Dalam penelitiannya, Raymond Seet semula memfokuskan perhatian pada penderita asma wanita, karena penelitian sebelumnya menyatakan bahwa wanita lebih rentan terkena emisi gas sehubungan dengan jenis hormon yang dimiliki. Namun kemudian ia juga meneliti efek emisi gas bagi penderita asma dan anak-anak.

Hasil penelitiannya menyebutkan, nitrogen dioksida dapat merusak sel dalam saluran pernapasan, sehingga menyebabkan serangan asma. Selain itu, emisi gas dari dapur memperparah penderita asma, selain udara dingin. Untuk menghindari emisi gas dapur, Raymond Seet menyarankan agar tabung gas disimpan di luar dapur, dan ruangan dapur dilengkapi ventilasi udara yang baik.

Atas hasil penelitiannya tersebut, Raymond Seet mendapatkan penghargaan dari Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura.

Hmm… bagaimana menurutmu?


Related

Tubuh Manusia 174743875511170878

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item