Apa Efek Minum Bir dan Minum Anggur?

Apa Efek Minum Bir dan Minum Anggur?
Ilustrasi/istimewa
Sama-sama mengandung alkohol, namun ternyata bir memiliki efek berbeda dengan minuman anggur, khususnya pada kesehatan peminumnya. Berdasarkan penelitian, para peminum alkohol dari anggur ternyata memiliki risiko lebih rendah untuk terjangkit kanker, dibanding mereka yang meminum alkohol dari bir, meski dalam jumlah yang sama.

Bir mengandung carcinogenic yang mampu mengembangkan sel kanker, namun anggur memiliki zat kimia yang disebut resveratrol yang mampu mencegah efek-efek membahayakan pada tubuh.

Morten Gronbaek, peneliti dari lembaga penelitian obat-obatan di Kopenhagen, menyatakan, “Mereka yang biasa meminum anggur sangat mungkin terhindar dari serangan kanker jenis apa pun, namun mereka yang meminum bir sangat rentan dengan berbagai jenis penyakit.”

Resveratrol yang dikandung dalam anggur mencegah penyakit kanker dengan cara memagari protein yang akan masuk ke sel yang telah terkangkit penyakit atau biang kanker. Dengan cara itu, sel-sel kanker menjadi kekurangan makanan, yang pada akhirnya mematikan sel-sel kanker tersebut.

Penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal itu mengamati lebih dari 23 ribu pria dan wanita berusia di atas 13 tahun, guna mengetahui hubungan alkohol dengan penyakit kanker.

Hasilnya terungkap bahwa mereka yang hanya meminum bir memiliki risiko lebih tinggi dibanding mereka yang tidak meminum alkohol atau minum alkohol dari anggur.

Hmm… bagaimana menurutmu?


Related

Studi 3819168991217090186

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item