Berapa Lama Sel Darah Merah dan Putih Bertahan Hidup?

Berapa Lama Sel Darah Merah dan Putih Bertahan Hidup? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/halodoc.com
Rata-rata tubuh manusia dewasa memiliki sekitar 5 liter darah. Setiap saat, sekitar 1.250 ml berada dalam arteri, 3.500 ml dalam vena, dan 250 ml dalam kapiler. Sel-sel dalam darah mengalir melewati pembuluh kapiler hanya selama setengah detik, sebelum bergerak masuk ke dalam jenis pembuluh berikutnya, yaitu vena kecil.

Sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih dibentuk dalam sumsum tulang. Setiap sel darah merah memiliki diameter sekitar 7,5 mikron (seperseribu milimeter), dan bentuknya mirip donat. Sel-sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memberikan pigmen merah. Dalam setiap mm kubik darah terdapat 5 sampai 6 juta sel darah merah.

Sel darah merah hanya bertahan hidup sekitar 120 hari, dan sel-sel yang rusak dan tua disingkirkan oleh limpa dan hati. Sementara sel-sel darah putih hanya bertahan hidup kurang dari seminggu.

Sebuah sel darah putih tidak benar-benar berwarna putih, namun nyaris transparan. Sel itu dapat berubah bentuk, melipat diri dan menjulurkan sebagian sel seperti jari, serta bergerak mengalir dan merangkak seperti amoeba dalam kolam.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2319373914501113959

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item