Benarkah Bawang Putih Dapat Menurunkan Kolesterol?

Benarkah Bawang Putih Dapat Menurunkan Kolesterol? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Cukup banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sayangnya, studi yang pernah dilakukan untuk mengecek hal itu menunjukkan sebaliknya—bawang putih tidak punya pengaruh dalam hal menurunkan kolesterol.

Andrew Neil dari Institut Ilmu Kesehatan di Boston, AS, dan koleganya, Anthony Winder, dari Rumah Sakit Royal Free di London, Inggris, melakukan penelitian terhadap 150 orang yang mengalami kolesterol tinggi, dan mereka membagi semua orang itu ke dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta mengonsumsi tablet bawang putih kering berdosis 900 miligram, sementara kelompok kedua diberi plasebo—tablet yang seolah-olah terbuat dari bawang putih, tapi sebenarnya tidak mengandung bawang putih sama sekali.

Dari beberapa pengamatan, Andrew Neil dan koleganya tidak menemukan perbedaan dalam kedua kelompok tersebut. Mereka yang mengonsumsi bawang putih atau pun tidak, bisa dibilang tidak mengalami perbedaan signifikan.

Meski begitu, Andrew Neil tidak ingin mengecewakan orang-orang yang telanjur doyan bawang putih. Bagaimana pun, katanya, mengonsumsi bawang putih punya manfaat bagi tubuh. Namun, ia menegaskan, “Sepertinya sangat sulit untuk membuktikan bawang putih bisa menurunkan kolesterol dalam darah.”

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 4263596078199058948

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item