Bagaimana Struktur Gigi Kita, dan Kenapa Gigi Bisa Rusak?

 Bagaimana Struktur Gigi Kita, dan Kenapa Gigi Bisa Rusak? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/detik.com
Setiap gigi dalam mulut kita memiliki dua bagian utama. Akar yang berhubungan erat dengan gusi, untuk bertahan dari tekanan yang sangat besar yang terjadi ketika menggigit dan mengunyah sesuatu yang keras. Mahkota adalah bagian yang terlihat di atas gusi. Mahkota itu ditutupi oleh email yang berwarna keputihan, yang merupakan bagian paling keras dalam seluruh bagian.

Di bawah email terdapat lapisan dentin atau tulang gigi, yang tidak terlalu keras, dan menyerap guncangan dan benturan. Di bagian tengah gigi terdapat pembuluh darah, memberikan sari makanan ke bagian-bagian dan lapisan-lapisan gigi, serta syaraf untuk mendeteksi tekanan dan rasa sakit.

Kadang-kadang, karena perawatan yang kurang baik, gigi kita rusak hingga dihinggapi kuman. Kuman hidup dalam lubang gigi yang rusak. Kuman merusak bagian yang baik, yang mengakibatkan lubang menjadi semakin dalam.

Biasanya, jika kerusakan belum terlalu parah, dokter gigi akan menambal lubang tersebut menggunakan logam, agar kuman tidak bisa masuk kembali. Jika kerusakan sudah tak bisa ditambal, biasanya gigi terpaksa dicabut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 4574719748657668688

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item