Bagaimana Sejarah Amerika Serikat?

 Bagaimana Sejarah Amerika Serikat? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Pada tahun 1763, Inggris mengalahkan Prancis yang waktu itu bercokol di Amerika Utara, dan menambahkan Kanada menjadi koloni ke-13 mereka. Tiga belas koloni awal Amerika Utara membentang dari Massachusetts di utara sampai Georgia di selatan. Tiga belas koloni itu menjadi 13 negara bagian pertama Amerika Serikat, dan terdapat lebih dari 2,5 juta orang tinggal di koloni-koloni tersebut.

Karena banyaknya aneka pajak yang harus dibayarkan penduduk koloni terhadap pemerintah Inggris, penduduk koloni pun marah. Protes terjadi di banyak wilayah, sampai akhirnya diadakan sebuah kongres.

Kongres itu dihadiri semua koloni, kecuali Georgia, dan menghasilkan kesepakatan untuk menuntut kemerdekaan. George Washington ditunjuk untuk memimpin pasukan demi memperjuangkan keinginan mereka.

Karena kongres tersebut, pada April 1775 pasukan Inggris mengepung wilayah Lexington dan Concord dekat Boston, dan pertempuran dengan penduduk koloni pun dimulai. Semula, Inggris berhasil memenangkan pertempuran.

Namun masalah muncul karena pasukan Inggris bertempur jauh dari tanah kelahirannya. Pada 1781, George Washington bersama pasukannya dapat mengalahkan pasukan Inggris di Yorktown, Virginia, dan Inggris menyerah.

Satu tahun kemudian, pada 1776, Thomas Jefferson dari Virgnia menulis naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat, dan pada 4 Juli 1776 naskah itu dibacakan para pemimpin koloni di Amerika sebagai pernyataan kemerdekaan mereka dari Inggris.

Pada tahun 1783, Inggris akhirnya mengakui kemerdekaan Amerika Serikat, dan memasuki 1787 mulai disusun konstitusi untuk mengatur negara baru tersebut. Pada tahun 1789, George Washington terpilih menjadi presiden pertama Amerika Serikat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 6792157060342586796

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item