Bagaimana Pertumbuhan Gigi Manusia?

Bagaimana Pertumbuhan Gigi Manusia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/genpi.co
Umumnya, orang memiliki dua set gigi, satu set menggantikan set yang lain. Set pertama adalah gigi susu, gigi bayi, atau gigi yang ditanggalkan. Bahkan sebelum lahir, gigi muncul sebagai tonjolan kecil di bawah gusi. Gigi itu mulai muncul, atau terlihat di atas gusi sejak usia beberapa bulan.

Memasuki usia sekitar tiga tahun, 20 gigi susu biasanya sudah muncul. Di setiap paruh kiri dan kanan dari masing-masing rahang atas dan bawah terdapat dua buah gigi seri, sebuah gigi taring, dan dua buah gigi geraham.

Pada waktu berumur sekitar enam tahun, gigi pertama mulai tanggal. Gigi itu kemudian digantikan oleh set gigi dewasa, gigi kedua, atau gigi permanen. Paling awal tumbuh biasanya gigi seri yang ada di depan dan gigi geraham pertama, pada usia sekitar tujuh sampai delapan tahun. Paling akhir adalah geraham paling belakang, atau gigi geraham bungsu.

Pada beberapa orang, geraham itu muncul pada usia 18 sampai 20 tahun, sementara pada orang lain baru muncul pada usia 40 sampai 50 tahun, dan pada beberapa orang lain kadang-kadang tidak muncul sama sekali.

Di setiap paruh rahang, biasanya ada dua buah gigi seri, sebuah gigi taring, dua buah geraham kecil, dan tiga buah gigi geraham, sehingga satu set berjumlah 32 gigi.

Gigi kita di sebelah belakang memiliki permukaan yang tidak rata, dan kita dapat merasakannya dengan menyentuhkan jari. Geraham itu bekerja sama, menghaluskan makanan di antara tonjolan permukaannya. Penggiling itu perlu dibersihkan secara teratur jika sudah dipakai (seusai makan), karena sisa makanan sering tersangkut di antara tonjolan itu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2903250370207192960

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item