Bagaimana Cara Mata Kita Melihat?

Bagaimana Cara Mata Kita Melihat? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Umpama rumah, mata adalah jendela kita dalam melihat dunia. Seperti kamera video, mata mendeteksi gambar yang bergerak dari dunia, dan mengubahnya menjadi sinyal listrik lemah. Sinyal itu berupa impuls syaraf yang bergerak menuju ke otak untuk dipilah-pilah.

Di masa lalu, orang menduga ada cahaya yang memancar dari mata mereka ke benda yang mereka lihat. Sekarang kita tahu bahwa berkas cahaya datang dari sebuah benda ke dalam mata. Setiap satu atau dua detik, kelopak mata berkedip dan menyapukan cairan air mata ke seluruh konjungtiva (selaput lendir di kelopak mata sebelah dalam), membasuh debu dan kuman.

Bayangan yang terbentuk pada retina ketika cahaya melewati lensa sebenarnya terbalik. Hal itu terjadi karena adanya pembelokan cahaya oleh lensa mata. Secara otomatis, otak membalik bayangan menjadi tegak, namun kita tidak menyadarinya, dan tetap melihat suatu benda sebagaimana mestinya.

Ada enam otot yang mengendalikan gerakan mata. Enam otot itu berfungsi memutar mata menjauhi hidung, memutar ke arah hidung, memutar mata ke atas, memutar ke bawah, menggerakkan mata ke atas dan ke bawah, dan menggerakkannya ke atas serta ke bawah.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 5263550291168203496

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item