Bagaimana Cara Kerja Jantung di Tubuh Kita?

 Bagaimana Cara Kerja Jantung di Tubuh Kita? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Ketika tubuh kita bergerak dengan aktif, semisal berolahraga, jantung dapat memompa 20 galon (75 liter) darah setiap menit. Sebagai perbandingan, dengan kecepatan itu, bak mandi atau bathtub bisa terisi penuh hanya dalam waktu dua menit.

Jantung kita adalah pompa yang terbuat dari otot, yang tidak berhenti berdenyut. Jantung memiliki mekanisme yang mengatur pelepasan sinyal listrik lemah. Sinyal itu menyebabkan otot jantung mengerut secara ritmis.

Pompa di sisi kanan jantung menerima darah yang telah dipompakan dan dialirkan ke seluruh tubuh. Darah itu berwarna merah tua, dan sebagian besar oksigen yang dikandungnya telah digunakan. Pompa sebelah kanan mengirimkan darah itu ke lintasan pendek melewati paru-paru yang ada di sekitar jantung. Kemudian, darah kembali dari paru-paru dengan warna merah cerah dan kaya oksigen, menuju ke sisi kiri jantung, siap untuk dialirkan kembali ke seluruh tubuh.

Jika jantung berhenti berdenyut, maka jaringan tubuh tidak lagi menerima darah segar yang membawa oksigen dan zat makanan. Akibatnya, hidup orang itu pun berakhir. Namun, di rumah sakit, mesin kardiopulmoner bisa mengambil alih tugas jantung dan paru-paru.

Karenanya, dokter bisa menyadarkan orang atau melakukan operasi pada jantung, seperti mengganti katup jantung yang sakit, dengan bantuan mesin tersebut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3751197105289150838

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item