Apa yang Disebut Revolusi Industri, dan Kapan Terjadi?

Apa yang Disebut Revolusi Industri, dan Kapan Terjadi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Revolusi industri adalah era yang ditandai lahirnya mesin pembuat kain, yang kemudian menyebabkan pertumbuhan pabrik-pabrik secara drastis yang dimulai pada tahun 1700-an.

Revolusi industri dimulai di Inggris pada akhir tahun 1700-an, lalu di Prancis, Amerika Serikat, dan Jerman pada awal 1800-an. Titik awal masuknya era industri adalah perubahan mesin tenun yang semula diputar tangan menjadi mesin yang diputar kincir air besar, yang salah satunya dibuat oleh Thomas Arkwright pada 1766.

Pada 1771, Thomas Arkwright memasang kincir air di Crompton Mill, Derby, dan menciptakan perusahaan besar pertama di dunia. Kemudian, pada 1780, James Watt mengembangkan mesin uap, dan mesin buatan James Watt dengan cepat menggantikan air sebagai sumber tenaga utama di pabrik-pabrik.

Penemuan berikutnya yang penting adalah cara pembuatan batu arang, yang menggantikan kayu arang untuk melebur besi dalam jumlah besar. Penemunya adalah Abraham Darby pada 1783. Lalu Henry Cort juga menemukan cara memurnikan biji besi tempa, dan besi kemudian menjadi bahan utama revolusi industri.

Sebelum munculnya revolusi industri, sebagian besar rakyat adalah petani yang tinggal di desa-desa kecil, dan hidup dengan mengandalkan hasil kebun atau sawah. Setelah lahirnya revolusi industri, hampir sebagian besar dari mereka pindah ke kota-kota besar dan bekerja sebagai mandor atau buruh pabrik.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3804812914945535830

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item