Apa yang Disebut Perang Dingin?

Ilustrasi/quizizz.com
Perang Dingin adalah istilah yang digunakan untuk menyebut persaingan antara negara komunis dan non-komunis setelah Perang Dunia II, yaitu antara Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Disebut Perang Dingin, karena Soviet dan Amerika tidak berperang secara langsung, tapi bersaing untuk mendapatkan pengaruh dari negara-negara yang sedang berperang, misal Amerika di Vietnam, dan Soviet di Korea. Mereka juga menggunakan kata-kata dan propaganda sebagai senjata, saling mengancam dan mencela satu sama lain, juga melibatkan mata-mata dan agen rahasia.

Uni Soviet dan Amerika juga saling bersaing dalam perlombaan senjata dan membuat bom nuklir serta misil, yang menjadi langkah lebih maju untuk perang dalam arti sebenarnya. Pada 1962, John F. Kennedy, yang waktu itu menjabat presiden Amerika, mengancam Uni Soviet yang mencoba membangun pangkalan rudal di Kuba. Peristiwa itu membuat hubungan antara Amerika dan Soviet semakin buruk.

Istilah Perang Dingin menggambarkan ketegangan pasca Perang Dunia II antara Soviet dan Amerika beserta sekutunya. Istilah itu diucapkan pertama kali oleh Bernard Baruch, penasihat Presiden Amerika Serikat, dalam pidatonya pada 16 April 1947.

Perang Dingin mulai mencair setelah tahun 1985, ketika pemimpin Soviet, Mikhail Gorbachev, memperkenalkan reformasi di negaranya berupa Glasnost dan Perestroika, serta mulai bekerjasama dengan bangsa barat. 

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Sejarah 347003812913036865

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item