Apa yang Disebut Kelahiran Sungsang?

Apa yang Disebut Kelahiran Sungsang? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/detik.com
Pada waktu kandungan memasuki usia sekitar 9 bulan 10 hari, ibu hamil akan mulai merasakan sakit yang semakin lama semakin hebat dalam rahimnya—disebut kontraksi—ketika kelahiran sudah dekat. Kontraksi itu semakin menguat, dan leher rahim mulai membuka.

Ketika kontraksi berlanjut, kepala bayi bergerak ke bawah, untuk kemudian keluar lewat leher rahim dan lahir secara normal.

Kelahiran sungsang berbeda dari kelahiran normal, karena pantat bayi yang tertahan di pinggul si ibu, bukan kepala. Keadaan itu membuat proses kelahiran menjadi lebih rumit, karena bagian yang paling besar, yakni kepala, keluar paling akhir.

Karena kepala menjadi bagian paling akhir yang keluar, maka mengeluarkan bagian itu menjadi sulit. Tali pusar mungkin tergencet sewaktu kepala yang berada di belakang dikeluarkan, dan akibatnya bayi mungkin kekurangan oksigen. Diperkirakan ada 1 kelahiran sungsang dalam setiap 30 bayi yang dilahirkan.

Ketika lahir, tulang-tulang di kepala bayi belum benar-benar menyatu, sehingga memungkinkan tengkorak melewati saluran kelahiran ibu. Tulang-tulang itu berangsur-angsur menyatu, namun rongga di ubun-ubun bayi—disebut fontanel—mungkin baru menutup beberapa bulan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tubuh Manusia 5163996394126354189

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item