Apa sih Thalidomide itu?

Apa sih Thalidomide itu? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/scientificamerican.com
Thalidomide adalah obat yang ditujukan untuk penderita kusta. Thalidomide jadi terkenal, setelah beberapa dekade sejak awal tahun 1960-an dituduh sebagai biang masalah karena menyebabkan bayi lahir cacat dan meninggal. Itu salah satu krisis besar dalam dunia kesehatan yang pernah terjadi.

Setelah keributan itu, pada akhir 1990-an, FDA (lembaga pengawasan obat dan makanan Amerika) mengesahkan obat itu untuk tujuan tertentu, meski dengan pembatasan dalam penggunaannya. Karena Thalidomide memberikan janji mampu mengatasi kanker dan AIDS, jumlah orang yang mengonsumsi obat itu pun diharapkan meningkat.

Sebelumnya, pada 1962, Thalidomide telah ditarik dari peredaran akibat efek yang ditimbulkannya. Pada waktu itu, lebih dari 10.000 bayi lahir cacat dan ribuan wanita hamil keguguran di seluruh dunia. Obat yang disintetiskan dari asam amino glutamin itu memiliki banyak efek bagi tubuh manusia.

Kembalinya Thalidomide disambut pengunduran diri para dokter yang bekerja untuk mencegah bayi lahir cacat. David Johnson, salah satu dokter di Amerika, menyatakan, “Kami lebih suka obat tersebut tidak beredar di sini.”

FDA yang menjadi pemeran penting dalam kembalinya Thalidomide pun berupaya agar para dokter dan apoteker memberikan keterangan kepada para pemakai obat tersebut mengenai bahaya yang bisa ditimbulkannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 3306739405367218473

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item