Apa Fungsi Limpa di Tubuh Kita, dan di Mana Letaknya?

 Apa Fungsi Limpa di Tubuh Kita, dan di Mana Letaknya? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/alodokter.com
Limpa terletak di sudut kiri atas perut, tepat di bawah diafragma. Letak limpa relatif terbuka, karenanya rentan mengalami masalah ketika terjadi kecelakaan. Apa fungsi limpa di tubuh kita?

Limpa adalah salah satu saringan utama darah. Sel-sel retikuler dalam limpa tidak hanya menyingkirkan sel-sel darah yang sudah tua dan aus, namun juga menyingkirkan sel-sel yang tidak normal. Hal itu berlaku terutama pada sel-sel darah merah, namun sel-sel darah putih dan keping darah juga disaring secara selektif oleh limpa jika diperlukan.

Kemudian, limpa juga menyingkirkan partikel abnormal yang mengapung dalam aliran darah. Karenanya, limpa memainkan perang amat penting dalam mengeluarkan bakteri merugikan di dalam tubuh.

Dalam keadaan tertentu, limpa memiliki peran utama dalam produksi sel-sel darah merah baru. Hal ini tidak terjadi pada orang dewasa normal, namun pada orang yang menderita penyakit sumsum tulang belakang.

Limpa dan hati adalah tempat utama yang memproduksi sel darah merah. Selain itu, limpa juga berfungsi membuat banyak darah bagi janin ketika masih dalam rahim selama masa kehamilan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3716308689791367882

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item