Apa Dampak yang Terjadi Akibat Perang Dunia II?

Apa Dampak yang Terjadi Akibat Perang Dunia II? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Perang Dunia II yang berlangsung antara 1939-1945 menimbulkan dampak sangat besar bagi dunia, antara lain munculnya negara-negara adikuasa, dan banyaknya negara yang memproklamirkan kemerdekaannya.

Amerika Serikat dan Uni Soviet, sebagai pemenang dalam Perang Dunia II, tumbuh menjadi negara adikuasa. Di antara kedua negara itu terjadi perebutan pengaruh terhadap negara-negara lain agar mengikuti paham mereka. Karena keduanya imbang dalam kekuatan, maka terjadi keseimbangan kekuatan (balance of power policy). Karenanya, meski ada perdamaian setelah perang, dunia masih diliputi ketakutan, dan itu menimbulkan Perang Dingin.

Di Asia, nasionalisme berkobar, dan muncullah negara-negara yang memproklamirkan kemerdekaannya, seperti Indonesia, Filipina, India, Birma, dan lainnya.

Selain itu, sebagai dampak Perang Dunia II, muncul politik mencari kawan atau aliansi yang dibentuk berdasarkan kepentingan keamanan bersama, misalnya NATO dan SEATO. Namun, seiring dengan itu, juga terjadi politik memecah belah negara. Misalnya yang terjadi pada Jerman hingga menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur, atau yang terjadi di Korea yang menyebabkan lahirnya Korea Utara dan Korea Selatan.

Dalam hal ekonomi, Perang Dunia II menghancurkan perekonomian negara-negara di dunia, kecuali Amerika Serikat. Karenanya, Amerika pun lalu menjadi pusat kreditur dari seluruh dunua.

Untuk menanamkan pengaruhnya di negara-negara Eropa dan lainnya, Amerika membuat program tertentu, semisal Truman Doctrine (1947), Marshall Plan (1947), dan lainnya. Program-program itu bertujuan membendung berkembangnya komunisme.

Perang Dunia II, bagaimana pun, menyadarkan manusia tentang akibat buruk perang. Karenanya, berbagai upaya dilakukan agar tercipta perdamaian. Penduduk dunia juga menyadari pentingnya lembaga yang dapat menjaga perdamaian dunia setelah Liga Bangsa-Bangsa dibubarkan.

Pada 24 Oktober 1945, didirikanlah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations Organization (UNO), yang diharapkan dapat menjaga perdamaian dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Sejarah 8161230462600403301

Posting Komentar

  1. karena PD II akhirnya ada komputer :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sih komputer bakal tetap lahir, meski gak ada PD II. Itu kan teknologi yang memang mau gak mau pasti bakal muncul. :D

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item